Pages

Jumat, 06 Januari 2012

Perolehan serta Pelatihan dan Pengembangan Tenaga Kerja

Perolehan serta Pelatihan dan Pengembangan Tenaga Kerja

1)    Jelaskan 2 sumber  perolehan tenaga kerja bagi perusahaan!
a)     Sumber intern
Perusahaan atau instansi yang sudah berjalan menggunakan cara intern yaitu, dengan cara menjalankan program lowongan pekerjaan. Dampak positifnya adalah, meningkatkan loyalitasmenimbulkan persaingan sehat, serta dapat meningkatkan efisiensi. Namun kelemahannya, kemungkinan terjadinya promosi dan mutasi yang dipaksakan dan menghambat masuknya ide-ide baru.

b)    Sumber Ekstern
Perusahaan atau instansi yang sudah berjalan menggunakan cara ekstern yaitu, dengan penarikanpenarikan pegawai dari lembaga pendidikan dilakukan bila perusahaan/instansi hanya memerlukan latar belakang pendidikan tertentu tanpa mempedulikan pengalaman kerja.
Bila dipandang perlu, dapat mengambil langsung dari sumber tenaga kerja meskipun mungkin kurang praktis dan memerlukan biaya yang sangat besar. Sumber tenaga kerja sifatnya tersebar, advertensi mungkin akan dapat mencapai sasaran.


2)    Tujuan diadakannya pelatihan dan pengembangan tenaga kerja.
Pelatihan adalah proses pendidikan jangka pendek yang menggunakan prosedur sistematis dan terorganisir, sehingga tenaga nonmanajerial mempelajari pengetahuan dan keterampilan teknis untuk tujuan tertentu.
Pengembangan adalah proses pendidikan jangka panjang yang menggunakan prosedur sistematis dan terorganisir sehingga tenaga kerja nonmanajerial mempelajari pengetahuan konseptual dan teoritis untuk tujuan yang umum
Tujuan dari pelatihan dan pengembangan tenaga kerja adalah :
1. Meningkatkan produktivitas : pelatihan dapat meningkatkan prestasi untuk berproduksi
2. Meningkatkan mutu : pengetahuan dan keterampilan dapat mengurangi eror kerja
3. Meningkatkan ketepatan dalam perencanaan SDM : mendapatakn SDM yang sesuai
4. Meningkatkan semangat kerja : iklim menjadi lebih kondusif jika diberi pelatihan
5. Menarik dan menahan karyawan yang berkualitas : implikasinya adalah kenaikan karir
6. Menjaga kesehatan dan keselamatan kerja
7. Menghindari keusangan
8. Sebagai personal growtha

1 komentar:

andiny oktariana mengatakan...

kawan, karena kita sudah mulai memasuki mata kuliah softskill akan lebih baik jika blog ini disisipkan link Universitas Gunadarma yaitu www.gunadarma.ac.id yang merupakan identitas kita sebagai mahasiswa di Universitas Gunadarma juga sebagai salah satu kriteria penilaian mata kuliah soft skill.. terima kasih :)

Posting Komentar